Senin, 10 Agustus 2015

Qashidah Burdah, Pujian Bagi Sang Nabi

Banyak dari kita yg sudah tidak tau dan tidak mau tau lagi siapakah Gusti Kanjeng Nabi Muhammad Saw.Siapa nama ayah nabi, siapa nama anak-anak Nabi dan juga siapa nama istri-istri Nabi. 
Kalau dulu sebelum sholat anak-anak di ajarkan sholawatan bareng-barwng tentang sosok Kanjeng Nabi.

Allohumma sholli ala Muhammad
Ya Robbi Sholli alaihi Wasallim
Gusti Kanjeng Nabi lahire ono ing mekah
Dinane isnain rolas maulud Tahun gajah
Engkang ibu asmane siti aminah
Engkang Romo asmane sayyid Abdulloh
Masya alloh Riwayate Nabi kito
Umur nem tahun kanjeng Nabi sampun lulo
Allohumma sholli ala Muhammad
Ya Robbi Sholli alaihi Wasallim
Qoshidah burdah adalah kumpulan bayt2 pujian serta riwayat yang di karang oleh Al Imam Bushiri. Di dalamnya terdapat banyak penjelasan tentang sosok Kanjeng Nabi Muhammad Saw. Di antaranya :
1. Njeng Nabi itu meskipun mata dlohirnya tidur akan tetapi hatinya terjaga sehingga sholat shubuh wudlunya menggunakan wudlu isya'.
2. Njeng Nabi itu tidak pernah sekalipun mimpi keluar Air mani. Tidak seperti manusia yang lainya. Bahkan waliyulloh Syeich Abdul qodir Al Jailani saja pernah mimpi keluar mani sampai 40 kali.
3. Njeng Nabi pandangan matanya bisa menembus ke langit ke tujuh. Pandangan jauh atau dekat sama saja.
3. Air ludah atau keringat Njeng Nabi beraroma wangi sekali seperti biang minyak wangi. Bahkan jalanan yang pernah di lewati beliau meninggalkan jejak yang wangi sekali dan bisa di kenali kalau beliau tadi yg lewat jalan tsb.
4. Njeng Nabi ketika kencing ataupun meludah ke bumi tidak ada bekasnya sama sekali. Karena ketika Njeng Nabi meludah ataupun kencing, bumi terbelah dengan sendirinya. Setelah selesai bumi menutup dan menelanya.
5. Hewan trenggiling dan kijangpun beriman kepada njeng Nabi seraya mengucapkan syahadat. Dan banyak lagi yang lainya. Silahkan di cari sendiri.
Njeng nabi itu manusia tapi tidak seperti manusia. (Menungso nanging ora lumrahe menungso) " Basyarun laa kal Basyari bal huwa kal Yaquuti baynal Hajari."
Allohumma sholli ala Muhammad
Ya Robbi Sholli alaihi Wasallim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar